Senin, 07 Maret 2016

Mengenal lebih dalam tentang Windows 10

Assalamualaikum Wr.Wb

Kalian pasti masih bingung dengan system perjalanan windows yang sekarang menginjak usia 10 tahun :v,Windows 10.
Berikut beberapa program-program yang ada di windows 10 yang mungkin belum kamu ketahui,oke lanjut saja... (gambar berikut tampilan deskop saya,saya sudah menggunakan windows 10)




Akhir - akhir ini kita telah dikejutkan dengan gebrakan besar dari Microsoft dengan mengeluarkan layanan terbarunya yakni Windows 10. Mungkin saat ini udh banyak yang mengetahui tentang windows 10 ini yang pada awalnya disebut windows 9. Yah, windows 9 adalah bocoran Windows terbaru setelah di rilisnya Windows 8.1 akibat banyaknya kekecewaan para pengguna windows terhadap penghancuran fitur start menu di windows 8.1 yang melegenda tersebut. Namun saat ini setelah perilisan kembali windows 10 tersebut, akhir - akhir ini animo masyarakat dunia sedang melirik Windows dengan inovasinya yang terbaru.

Bahkan dengan banyaknya HT tentang Windows 8 yang akhirnya kelihatan mencela kekurangan Windows 10 (bug, BSOD dlsb) yang menurut pandangan ane adalah hal yang wajar mengingat Windows 10 baru dirilis 2 minggu yang lalu . Kan tidak ada salahnya ane selaku TS memberikan informasi mengenai fitur - fitur terbaru yang telah dan akan dirilis Microsoft terhadap Layanan Windows 10.

Microsoft Cortana
Inilah jargon paling terkenal dari windows 10 bahkan sebelum windows 9 disebut windows 10 gan. Cortana mungkin dapat kita kaitkan dengan SIRI milik Iphone dan Google Now milik Android yang berupa asisten pribadi yang memiliki Kecerdasan buatan untuk mengenali dan mengeksekusi perintah user tersebut. Cortana dapat membantu agan dalam melakukan sesuatu dan memberikan informasi terbaru tentang hal yang penting bagi agan - agan semua. Agan semua bisa memerintahkan Cortana dengan perintah suara untuk melakukan banyak hal seperti membacakan E-mail agan, melakukan pencarian secara otomatis, mencari file di dalam harddrive agan, menyimpan informasi - informasi penting tanpa agan suruh dan bahkan mengenali seluruh kebiasaan agan dalam menggunakan PC/Laptop . Cortana awalnya dirilis di Windows Phone, namun sekarang anda dapat menikmatinya dengan mendownload Windows 10 agan semua. Kurang lebih Cortana ini mirip dengan J.A.R.V.I.S milik Tony Stark dalam pakaian Iron Man-nya tersebut

Windows Task View
Ane selaku TS yang telah menggunakan Windows 10 ketika menggunakan fitur ini, ane merasa tidak asing . Ane sewaktu SMP pernah mencoba menggunakan Linux Ubuntu yang memiliki fitur seperti ini hanya saja transisinya Linux Ubuntu berupa 3D. Windows Task View ini betujuan untuk mempermudah kita dalam meng-organisir dekstop dan windows yang sedang dibuka. Ane merasa fitur ini telah ane lihat sebelumnya di Windows Vista hanya saja di Windows 10 kita bisa menemukan penambahan dekstop (Virtual Dekstop) yang tidak bisa kita temui di windows Vista. Dengan Task View ini juga diharapkan untuk membuat user lebih mudah dalam mengganti aplikasi dan mengaturnya sedemikian rupa.

Microsoft Edge
Wah ini nih yang bikin ane demen pakai windows 10 ini. Yup, Browser terbaru miliki Windows 10 yakni Microsoft Edge yang memiliki Codename Spartan sebelumnya. Microsoft Edge ini adalah adik iparnya Internet Explorer gan yang katanya memilki banyak celah keamanan untuk diretas oleh para penjahat Cyber . Namun semua kekhawtiran tersebut akhirnya sirna dengan munculnya harapan baru ninja desa konoha (eh salah) Microsoft Edge. Sejauh ini yang ane ketahui untuk saat ini bahwa sepanjang ane menggunakan browser, ane belum menemukan browser yang memilki kecepatan loading dan kompresi data yang sangat tinggi baik itu jika kita laga dengan Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome dan bahkan Tor Browser (apa'an ini) . Hanya saja kekecewaan ane terletak pada ketidakditemukannya Ad-block di Microsoft Edge ini, jika nantinya Windows akan mengupdate layanan Microsoft Edge dengan menambahkan fitur add-ons saya akan dengan senang hati menggunakan browser ini.

Microsoft Phone Companion
Microsoft Phone Companion adalah salah satu fitur eksklusif dari windows 10 yang memungkinkan agan - agan semuanya untuk mensinkronisasikan foto, musik, video, dokumen, file dan lain sebagainya dari smartphone kesayangan agan. Fitur ini bahkan mampu bersinkronisasi dengan 3 OS mobile yakni Microsoft, Google dan bahkan Iphone yang terkenal akan ke eksklusif-annya . Agan bisa menikmati fitur ini berbekal koneksi internet yang tersedia baik di Smartphone agan dan Windows 10 agan. Ane yang telah menggunakan fitur ini secara langsung terkejut bahwa SP ane langsung tersinkron dengan One Drive yang ada di PC ane without notification . Hampir ketahuan juga gan seluruh aset - aset negara yang dapat menghancurkan kehidupan ane gan.

Microsoft Continuum
Microsoft Continuum adalah salah satu fitur terbaru yang memungkinkan windows untuk mengubah tampilannya seperti tablet . Fitur ini juga disokong dengan aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi apakah keyboard terpasang atau tidak. Jika Keyboard terpasang maka Windows 10 akan menampilkan Windows dalam bentuk Dekstop sedangkan apabila anda tidak menggunakan keyboard tanpa persetujuan agan, windows akan beralih ke bentuk tablet . Namun bagi anda pemilik Laptop ataupun PC tidak perlu bersusah payah untuk melepas keyboard demi merasakan kenyamanan dalam menggunakan tablet mode anda hanya perlu mengaktifkan opsi tablet mode pada panel Notifications.

Windows Snap Assist dan Windows Corner Snap
Kita pernah menggunakan fitur "Show windows side by side" di taskbar bukan? Nah, Windows Corner Snap adalah modifikasi dari fitur tersebut yang memungkinkan kita untuk mengorganisir windows - windows yang terbuka dengan memenuhi 1/4 luas layar yang kita milki dengan cara men-drag windows ke sudut layar. Sedangkan Windows Snap Assist adalah fitur yang memungkinkan kita untuk memilih windows yang memiliki prioritas tertinggi dan memberikan bidang yang lebih besar dari windows lainnya yang sedang dipreview dengan cara men-drag windows ke sisi kanan, kiri, atas dan bawah layar.

Windows Start Menu
Nah, ini dia yang jadi masalah di Windows 8 dan 8.1 dengan ditiadakannya Start Menu banyak para user yang mengeluh kepada Microsoft (salah sendiri kenapa di instal ). Di Windows 10, Microsoft telah memberikan jawaban yang memuaskan bagi mereka yang ingin melihat Start Menu tanpa menghilangkan Modern UI yang telah terintegrasi di Windows 8. Bahkan setelah dilaunching di Windows 10 Start Menu terbarunya mendapatkan penghargaan dan gelar sebagai Desain Digital Terbaik 2015!

Windows Hello
Wuiihh ini dia fitur yang belum banyak digunakan pada OS sistem manapun yakni Windows Hello. Windows Hello berupaya membuat PC/Laptop kita tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk Login kedalam Windows 10 dengan teknologi Pemindai Sidik Jari (Fingerprint Recognition), Pemindai Wajah (Face Recognition) dan bahkan Pemindai Mata (Iris Recognition) yang sering kita digunakan oleh gedung berkeamanan tingkat tinggi . Microsoft dengan baiknya memberikan layanan hebat seperti ini kepada kita yang awam . Windows Hello juga tidak bisa sembarangan digunakan sebab dibutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk Laptop/PC yang ingin diintegrasikan dengan Windows Hello. Seperti teknologi pemindaian sidik jari di touchpad dan Kamera Laptop yang mumpuni.

Windows Store Universal
Loh kok Windows Store masuk gan? Yah, karena akan terjadi perombakan besar-besaran dalam Algoritma windows store 8 yang pernah kita ketahui. Berikut perubahan dan efek yang akan agan rasakan di Windows Store 10 :
  • Semakin Mudah Menemukan yang Kamu Inginkan
  • Lebih Aman dari Apps Palsu dan Abal-abal
  • URL Web Store Baru
  • Lebih Mudah Melihat Review dan Menilai Kualitas Apps
  • Tampilan yang lebih menarik
  • Akan adanya penyatuan aplikasi Windows Phone dengan Windows 10
Windows Notification Center
Fitur baru Windows 10 yang akan agan temukan saat menggunakannya adalah Windows Notifications Center yang menurut ane sangat useful. Windows Notification Center merupakan sebuah fitur yang memungkinkan agan - agan semua untuk melihat pemberitahuan, action center dan pengaturan vital seperti Wi-Fi, Battery Saver, VPN, Tablet Mode, Flight Mode, Bluetooth, Brightness, Location dan tentu saja Setting. Ditambah lagi dengan munculnya pop-up Notifikasi ketika ditemukannya masalah dan pemberitahuan tentang adanya perangkat yang tersambung.

Microsoft Office 2016
Ini dia, setelah Perilisan Windows 10, Maka pihak Microsoft pun tidak menyia-nyiakan pergolakan yang terjadi pada masyarakat dunia akibat perilisan windows 10 tersebut dengan merilis Microsoft Office 2016. Yah, Microsoft Office ini adalah Microsoft terbaru dijamannya . Office 2016 ini nantinya akan hadir di Windows Store. Office 2016 ini berfokus pada tampilan dan penambahan beberapa fitur penting sebagai penambal kekurangan pada Office 2013. Dan di Windows Store juga kita dapat menemukan versi Mobile dari Office 2016 tanpa berbayar gan.

Windows Xbox Live
Wahh... Ini dia kabar gembira untuk kita semua (teringat lagu Mas+tin nih ) Game Xbox kini ada Ekstraknya di Windows 10 gan . Jadi mungkin kita akan menemukan banyak game Xbox berserakan di Windows Store 10 ditambah lagi dengan kemampuan Windows Xbox Live yang memungkinkan kita bersatu melawan para musuh - musuh di Game Xbox . Tapi mungkin banyak diantara game - game tersebut pastinya berbayar. Oh iya gan, berita ini hanya dan jika hanya Spesifikasi PC/Laptop anda Hardcore bagi yang belum saya rasa Info yang satu ini tidak menguntungkan sama sekali bagi agan.

Windows Task Manager
Nah ini nih yang buat ane makin jatuh cinta sama Windows 10, yakni Windows Task Manager yang telah dimodifikasi menjadi lebih baik dibanding dengan WIndows Task Manager milik Windows manapun. Kelebihan Windows Task Manager ini yakni mampu menjalankan program dan transisi terasa lebih ringan dan lebih smooth (Termasuk Game). Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena Task Manager telah mengatur memory penggunaan CPU Performance . Ditambah lagi dengan perilisan terbaru Direct X 12 yang sangat mensupport proses gaming agan.

Microsoft Sway
Kembali lagi Microsoft menambahkan anggota baru dalam keluarga besar Microsoft Office Online yakni Microsoft Sway. Apa itu Microsoft Sway? Microsoft Sway adalah tool yang bisa agan gunakan untuk membuat dan berbagi presentasi, report, cerita, dan sebagainya secara online melalui fitur Microsoft One Drive yang tersedia di Windows 10 anda. Microsoft Sway ini semacam versi Hybrid dari Powerpoint dan Word yang bisa dibagikan lewat internet.

Windows Holographic
Akhirnya kita sampai pada bagian terakhir dalam trit ini. Yah ini dia teknologi Windows yang saat ini sedang dikembangkan. Agan pernah menonton film Minority Report dimana Tom Cruise yang berperan sebagai seorang polisi masa depan mengoperasikan sebuah komputer pintar dengan menggunakan sebuah layar besar dan gerakan tangan? Well, hal tersebut mungkin akan segera menjadi kenyataan. Dengan bantuan sebuah alat khusus berupa headset, Anda dapat mengoperasikan Windows 10 menggunakan gerakan tangan berkat teknologi augmented reality. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan sebuah developer aplikasi bernama HoloStudio.

Terima kasih banyak Windows 10 dan Microsoft Inc. Dengan kemajuan mereka,kita juga ikut melangkah maju :)
Sekian~

Wassalamualaikum Wr.Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar